Cara Cek NRKS di Dapodik Buat Anda Sebagai Kepsek

Cara Cek NRKS oleh Jawaposts - Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kemdikbud secara resmi mengeluarkan Sistem Informasi Nomor Registrasi Kepala Sekolah (SIM NRKS) sebagai pengganti Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Cara cek NRKS
NRKS

Bagi kepala sekolah yang sudah mengikuti LP3CKS (Lembaga Penyelenggara Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah) atau pernah ikut pelatihan penguatan kepala sekolah mulai sekarang (2020) bisa melihat nomor registrasi pada sistem yang baru.

Dengan dirilisnya SIM NRKS para operator sekolah tidak perlu lagi mengisi NUKS ketika diminta melakukan pembaruan data oleh pihak Kemdikbud.

Apa itu NRKS


NRKS adalah Nomor registrasi kepala sekolah yang dirilis oleh Kemdikbud sebagai pengganti dari Nomor unik kepala sekolah (NUKS) yang berfungsi sebagai syarat pencairan dana sertifikasi.

NRKS dikeluarkan oleh LPPKS untuk menjamin mutu pendidikan di tanah air dengan memberi tugas penyiapan, pemberdayaan dan pengembangan.

Dengan adanya nomor unik ini diharapkan semua kepala sekolah fokus mengelola lembaganya dan berkualitas secara akademik dan administratif. Artinya kesejahteraan kepsek sangat diperhatikan oleh pemerintah.

Manfaat NRKS


Tentu setiap kepala sekolah menginginkan dirinya diakui oleh negara sebagai pribadi yang layak memimpin lembaga pendidikan atau memegang jabatan sebagai orang nomor satu di sekolah.

Dalam artian, selain sudah dianggap mampu mengelola pendidikan di sekolah, seorang kepala juga berhak mandapatkan tunjangan dan gaji dari pemerintah.

Kita tahu tugas dan pokok dari kepala sekolah dapat menghabiskan waktu dan tenaganya untuk kepentingan dan kemajuan bangsa dan negara.

Cara Cek NRKS


Berikut panduan yang akan kami informasikan buat Anda kepela sekolah tentang Cara Mengatahui NRKS secara online.


  1. Kunjungi http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp.
  2. Klik "Cari STTPP".
  3. Klik Tombol cari STTP.
  4. Input No NIP/NUKS/NRKS atau Cari berdasarkan nama.
  5. Pilih Wilayah (Provinsi).
  6. Perhatikan hasil pencarian yang berupa Nama, Unit kerja, dan Status pelatihan.
  7. Klik Icon tanda seru.
  8. Cetak berkas
  9. Selesai.


Itulah informasi dan panduan terkait Cara cek NRKS terbaru 2020 sebagai pengganti NUKS yang dapat Jawaposts persembahkan buat Anda sebagai kepala sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek NRKS di Dapodik Buat Anda Sebagai Kepsek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel