Bulan Syaban: Doa, puasa dan sholat nisfu sya'ban beserta keutamaannya (Lengkap)

Dalam hadist dijelaskan bahwasanya Syaban merupakan bulannya nabi Muhammad SAW. Didunia islam bulan ini diibaratkan dengan waktu merawat tumbu-tumbuhan.

Para ulama ada yang mengatakan bulan Rajab adalah waktu menanam, Sya'ban merawat dan Ramadhan memanen hasil tanaman (Usaha). Istilah ini tidak lepas dari runtutan bulan-bulan yang dianjurkan memperbanyak ibadah yang dimulai dari Rajab.

Artinya kita dilatih terlebih dahulu dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dimana bulan yang paling istimewa, didalamnya terdapat malam yang paling agung (Lailatur Qadar) dan juga kitab suci Alquran pertama kali diturunkan pada bulan ini.

Apa itu bulan Syaban


Bulan Syaban adalah bulan ke-8 dari perhitungan Hijriyah, dimana dalam kitab karya Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki Alhasani ู…ุงุฐุง ููŠ ุดุนุจุงู† (Ma dza Fi Sya’ban ) penamaan Sya'ban ulama berbeda pendapat.

ูˆุณู…ูŠ ุดุนุจุงู† ู„ุฃู†ู‡ ูŠุชุดุนุจ ู…ู†ู‡ ุฎูŠุฑ ูƒุซูŠุฑ

Penamaan bulan Sya'ban karena pada bulan ini banyaknya cabang kebaikan.

ูˆู‚ูŠู„ ู…ุนู†ุงู‡ ุดุงุน ุจุงู†

Dan sebagian ulama berpendapat Sya'ban berasal dari lafadz Sya'a Ban yang berarti Terpancarnya keutamaan.

ูˆู‚ูŠู„ ู…ุดุชู‚ ู…ู† ุงู„ุดِุนุจ (ุจูƒุณุฑ ุงู„ุดูŠู†) ูˆู‡ูˆ ุทุฑูŠู‚ ููŠ ุงู„ุฌุจู„ ูู‡ูˆ ุทุฑูŠู‚ ุงู„ุฎูŠุฑ

Dan menurut pendapat lain nama Sya'ban berasal dari Lafadz Assyi'bu yang bermakna jalan ke atas gunung (Jalan menuju kebaikan).

ูˆู‚ูŠู„ ู…ู† ุงู„ุดَุนุจ (ุจูุชุญู‡ุง) ูˆู‡ูˆ ุงู„ุฌุจุฑ ููŠุฌุจุฑ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ูƒุณุฑ ุงู„ู‚ู„ูˆุจ، ูˆู‚ูŠู„ ุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ

Dan ada juga yang mengatakan diambil dari lafadz Assya'bu, secara bahasa berarti "Manambal", Maka secara istilah Allah menambal dan menutupi kegundahan hati hambaNya.

Sementara menurut Ibnu Hajar penamaan ini karena pada pada masa tersebut orang-orang sibuk mencari air setelah berlalunya bulan rajab.

Sementara Nisfu secara harfiah bermakna Separuh, jadi Nisfu Sya'ban adalah pertengahan dari bulan Sya'ban. Dalam dunia keislamam diidentik dengan malam tanggal 15. Karena hitungan hijriah berpedoman dengan berputarnya bulan, maka permulaan tanggal mulai sejak terbitnya bulan atau terbenamnya matahari.

Tidak ada perbadaan antara bulan Sya'ban dengan bulan-bulan lainnya kecuali baginda nabi lebih memperbanyak puasa sunnah dibulan yang mulia ini.

Puasa Sunnah Sya'ban


Pertama yang akan saya ulas dari beberap amalan yang sangat dianjurkan adalah tentang berpuasa di bulan Sya'ban. Karena amalan paling utama yaitu menghidupkan bulan ini dengan berpuasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Puasa sunnah terbanyak yang dilakukan oleh baginda nabi Muhammad SWA yaitu pada bulan ini. Banyak Hadits shohih Nabi 'alaihi wa sallam yang menganjurkan memperbanyak puasa yang diriwayatkan oleh Syakhon (Imam Bukhori dan muslim) dan beberapa riwayat lainnya.

Untuk jelasnya silahkan simak dan baca baik-baik agar paham. Semoga Allah memberikan pemahaman kepada Anda. Amin..

Hadist pertama


Dari Sayyidah Aisyah Ridiyallahu Anha

ูƒุงู†َ ุฑَุณูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ูŠَุตُูˆู…ُ ุญุชَّู‰ ู†َู‚ُูˆู„َ: ู„ุง ูŠُูْุทِุฑُ، ูˆูŠُูْุทِุฑُ ุญุชَّู‰ ู†َู‚ُูˆู„َ: ู„ุง ูŠَุตُูˆู…ُ، ูَู…ุง ุฑَุฃَูŠْุชُ ุฑَุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ุงุณْุชَูƒْู…َู„َ ุตِูŠَุงู…َ ุดَู‡ْุฑٍ ุฅู„َّุง ุฑَู…َุถَุงู†َ، ูˆู…ุง ุฑَุฃَูŠْุชُู‡ُ ุฃูƒْุซَุฑَ ุตِูŠَุงู…ًุง ู…ู†ู‡ ููŠ ุดَุนْุจَุงู†َ، ุฑูˆู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆ ู…ุณู„ู… [1].

Arti hadist

ูƒุงู†َ ุฑَุณูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ูŠَุตُูˆู…ُ ุญุชَّู‰ ู†َู‚ُูˆู„َ: ู„ุง ูŠُูْุทِุฑُ

Rosulullah Shollallahu 'Alaihi wa Sallama terbiasa melakukan puasa hingga kami katakan beliau tidak berbuka

ูˆَูŠُูْุทِุฑُ ุญَุชَّู‰ ู†َู‚ُูˆู„َ ู„ุงَ ูŠَุตُูˆู…ُ

Dan Nabi berbuka hingga kami katakan Rosulullah tidak berpuasa

ูَู…ุง ุฑَุฃَูŠْุชُ ุฑَุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ุงุณْุชَูƒْู…َู„َ ุตِูŠَุงู…َ ุดَู‡ْุฑٍ ุฅู„َّุง ุฑَู…َุถَุงู†َ

Maka Saya tidak pernah melihat Rosulullah Sollallahu 'Alaihi wa Sallama berpuasa penuh (Sempurna) selama satu bulan kecuali di bulan Ramadhan.

ูˆَู…َุง ุฑَุฃَูŠْุชُู‡ُ ุฃَูƒْุซَุฑَ ุตِูŠَุงู…ًุง ู…ِู†ْู‡ُ ูِู‰ ุดَุนْุจَุงู†َ

Dan aku juga tidak melihat beliau lebih banyak berpuasa sunnah daripada bulan sya'ban. (Artinya baginda nabi paling banyak melakukan puasa sunnah di bulan Sya'ban).


Hadist kedua


Sayyidah Aisyah juga berkata

ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุนَุงุฐُ ุจْู†ُ ูَุถَุงู„َุฉَ ุญَุฏَّุซَู†َุง ู‡ِุดَุงู…ٌ ุนَู†ْ ูŠَุญْูŠَู‰ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุณَู„َู…َุฉَ ุฃَู†َّ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ุญَุฏَّุซَุชْู‡ُ ู‚َุงู„َุชْ ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - ูŠَุตُูˆู…ُ ุดَู‡ْุฑًุง ุฃَูƒْุซَุฑَ ู…ِู†ْ ุดَุนْุจَุงู†َ، ูَุฅِู†َّู‡ُ ูƒَุงู†َ ูŠَุตُูˆู…ُ ุดَุนْุจَุงู†َ ูƒُู„َّู‡ُ. ูˆَูƒَุงู†َ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฎُุฐُูˆุง ู…ِู†ْ ุงู„ْุนَู…َู„ِ ู…َุง ุชُุทِูŠู‚ُูˆู†َ ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َุง ูŠَู…َู„ُّ ุญَุชَّู‰ ุชَู…َู„ُّูˆุง، ูˆَุฃَุญَุจُّ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…َุง ุฏُูˆูˆِู…َ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุฅِู†ْ ู‚َู„َّุชْ ูˆَูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ุตَู„َّู‰ ุตَู„َุงุฉً ุฏَุงูˆَู…َ ุนَู„َูŠْู‡َุง ( ุฑูˆุงู‡ ูˆุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆ ุฃุญู…ุฏ، ู„ูุธู‡ ู„ู„ุจุฎุงุฑู‰)


Arti arti hadist

ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุนَุงุฐُ ุจْู†ُ ูَุถَุงู„َุฉَ ุญَุฏَّุซَู†َุง ู‡ِุดَุงู…ٌ ุนَู†ْ ูŠَุญْูŠَู‰ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุณَู„َู…َุฉَ ุฃَู†َّ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ุญَุฏَّุซَุชْู‡ُ ู‚َุงู„َุชْ:

Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Fadhalah, telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Yahya dari Abu Salamah sesungguhnya 'Aisyah radliallahu 'anha menceritakan kepadanya, Ia berkata:

ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - ูŠَุตُูˆู…ُ ุดَู‡ْุฑًุง ุฃَูƒْุซَุฑَ ู…ِู†ْ ุดَุนْุจَุงู†َ، ูَุฅِู†َّู‡ُ ูƒَุงู†َ ูŠَุตُูˆู…ُ ุดَุนْุจَุงู†َ ูƒُู„َّู‡ُ.

Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallama tidak pernah berpuasa lebih banyak dalam sebulan daripada bulan Sya'ban, karen sesungguhnya Beliau melaksanakan puasa Sya'ban seluruhnya.

ูˆَูƒَุงู†َ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฎُุฐُูˆุง ู…ِู†ْ ุงู„ْุนَู…َู„ِ ู…َุง ุชُุทِูŠู‚ُูˆู†َ ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َุง ูŠَู…َู„ُّ ุญَุชَّู‰ ุชَู…َู„ُّูˆุง

Dana Beliau (Nabi) berkata: Lakukanlah amal yang kalian sanggup melaksanakannya, karena sesungguhnya Allah tidak akan berpaling (dalam memberikan pahala) sampai kalian yang berpaling (dari mengerjakan amal).

ูˆَุฃَุญَุจُّ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…َุง ุฏُูˆูˆِู…َ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุฅِู†ْ ู‚َู„َّุชْ ูˆَูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ุตَู„َّู‰ ุตَู„َุงุฉً ุฏَุงูˆَู…َ ุนَู„َูŠْู‡َุง

Dan shalat yang paling Nabi cintai adalah shalat yang dilaksanakan secara kesinambungan walaupun sedikit. Dan apabila Beliau sudah terbiasa melaksanakan shalat (sunnat), maka Beliau menjaga kesinambungannya".

Selain hadist diatas masih banyak hadist-hadist lain yang menekankan kesunnahan puasa Sya'ban.

Dalam hadist tersebut bisa disimpulkan bahwa kanjeng Nabi sangat banyak berpuasa. Perlu digaribawahi arti melaksana penuh selama satu bulan Bukan berarti full. Karena pada bulan sya'ban nabi melarang melaksanakan puasa jika sudah mendekati ramadhan.


ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ู‚ุงู„: ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ ๏ทบ: ู„ุง ุชู‚ุฏู…ูˆุง ุฑู…ุถุงู† ุจุตูˆู… ูŠูˆู…ٍ ูˆู„ุง ูŠูˆู…ูŠู†، ุฅู„ุง ุฑุฌู„ٌ ูƒุงู† ูŠุตูˆู… ุตูˆู…ًุง ูู„ูŠุตُู…ْู‡. ู…ุชูู‚ٌ ุนู„ูŠู‡.

Dari Abu hurairah Radhiyallahu Anh, ia berkata: Nabi muhammad Shallahu Alaihi wa sallam bersabda: Janganlah kalian melakukan puasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan, kecuali bagi seseorang yang sudah terbiasa melaksanakan puasa, maka bolehlah ia berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulannya dari keselurahan makna hadist adalah memperbanyak ibadah puasa di bulan syaban sunnah nabi. Namun tidak boleh berpuasa satu atau dua hari diakhir bulan tersebut. Kecuali bagi seseorang yang memiliki kebisaan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis dan puasa Daud.

Niat puasa Sya'ban


Semua pekerjaan perlu ada niat dalam melaksanakannya. Karena hal itu sudah ketentuan dari Nabi Muhammad. Dan niat itu tempatnya dihati bukan di lisan. Sementara jika diucapkan di lisan itu nama Talaffudz niat (Melafalkan niat), ini tidak wajib.

Dalam hadist Beliau berkata: Segala amal tergantung dengan niat


ุนู† ุฃู…ูŠุฑ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฃุจูŠ ุญูุต ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ ” ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช , ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ุง ู†ูˆู‰ , ูู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ูู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ , ูˆู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุฏู†ูŠุง ูŠุตูŠุจู‡ุง ูˆ ุงู…ุฑุฃุฉ ูŠู†ูƒุญู‡ุง ูู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ู…ุง ู‡ุงุฌุฑ ุฅู„ูŠู‡
(ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)[2].


ุนู† ุฃู…ูŠุฑ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฃุจูŠ ุญูุต ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„

Dari Amirul mukminin Abu Hafz, Umar bin Khottab Rodiyallahu Anh berkata

ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„

Aku mendengar Rasulullah Shollahu Alaihi Wasallama bertakata

ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช , ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ุง ู†ูˆู‰

Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya.

ูู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ูู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡

Maka barang siapa yang hijrahnya (Keinginannya) kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya

ูˆู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ุฏู†ูŠุง ูŠุตูŠุจู‡ุง ูˆ ุงู…ุฑุฃุฉ ูŠู†ูƒุญู‡ุง ูู‡ุฌุฑุชู‡ ุฅู„ู‰ ู…ุง ู‡ุงุฌุฑ ุฅู„ูŠู‡

Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ia inginkan.

Fungsi niat pada dasarnya ada dua:


Pertama ู„ู„ุชู…ูŠุฒ (untuk membedakan antara kebiasaan dan ibadah). Contoh misalnya puasa sunnah. Orang tidak makan dan tidak minum belum tentu dia berpuasa. Jika ia niati puasa maka akan mendapat pahala. Jika hanya tidak makan dan tidak minum tanpa niat, maka pekerjaan tersebut tidak dikatagorikan ibadah, termasuk niat puasa sya'ban dan lainnya.

Kedua ู„ู„ู‚ุฑุจ (untuk mendekatkan diri kepada Allah / Mendapatkan pahala), disini pekerjaan apa saja (Mubah) dapat bernilai pahala jika diniati baik. Seperti tidur, makan yang diniati agar nanti mampu beribadah maka pekerjaan ini bisa memperoleh ganjaran dari Allah.


Lafadz niat puasa sya'ban Arab, Latin dan Artinya sebagai berikut



ู†َูˆَูŠْุชُ ุตَูˆْู…َ ุบَุฏٍ ุนَู†ْ ุฃَุฏَุงุกِ ุณُู†َّุฉِ ุดَุนْุจَุงู†َ ู„ِู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰

Latin: Nawaitu showma ghadin 'an adaa'i sunnati Sya‘bana lillahi ta'ala

Artinya: Aku berniat puasa sunnah syaban esok hari Allah ta'ala.

Niat ini harus dilakukan setiap kali ingin berpuasa dan tidak harus dilakukan dimalam hari (Sebelum fajar). Melainkan bisa dilakukan di siang hari. Karena niat untuk puasa sunnah berbeda dengan puasa wajib. Contoh ada seseorang tidak makan dan minum (tidak melakukan perkara yang membatalkan puasa) sejak terbit fajar (Subuh) hingga siang hari (misal sampai Dhuhur) dan kemudian ia berniat untuk berpuasa pada waktu itu juga, maka puasanya sah. Sementara pahalanya (yang bernilai ibadah) sejak melakukan niat tersebut. Artinya sebelum dhuhur tidak bernilai pahala.

Dasarnya yaitu hadist nabi yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah

ูˆุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ูƒุงู…ู„ ูุถูŠู„ ุจู† ุญุณูŠู† ุญุฏุซู†ุง ุนุจุฏ ุงู„ูˆุงุญุฏ ุจู† ุฒูŠุงุฏ ุญุฏุซู†ุง ุทู„ุญุฉ ุจู† ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุนุจูŠุฏ ุงู„ู„ู‡ ุญุฏุซุชู†ูŠ ุนุงุฆุดุฉ ุจู†ุช ุทู„ุญุฉ ุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฃู… ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ู‚ุงู„ุช ู‚ุงู„ ู„ูŠ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฐุงุช ูŠูˆู… ูŠุง ุนุงุฆุดุฉ ู‡ู„ ุนู†ุฏูƒู… ุดูŠุก ู‚ุงู„ุช ูู‚ู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ุง ุนู†ุฏู†ุง ุดูŠุก ู‚ุงู„ ูุฅู†ูŠ ุตุงุฆู… ู‚ุงู„ุช ูุฎุฑุฌ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูุฃู‡ุฏูŠุช ู„ู†ุง ู‡ุฏูŠุฉ ุฃูˆ ุฌุงุกู†ุง ุฒูˆุฑ ู‚ุงู„ุช ูู„ู…ุง ุฑุฌุน ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู‡ุฏูŠุช ู„ู†ุง ู‡ุฏูŠุฉ ุฃูˆ ุฌุงุกู†ุง ุฒูˆุฑ ูˆู‚ุฏ ุฎุจุฃุช ู„ูƒ ุดูŠุฆุง ู‚ุงู„ ู…ุง ู‡ูˆ ู‚ู„ุช ุญูŠุณ ู‚ุงู„ ู‡ุงุชูŠู‡ ูุฌุฆุช ุจู‡ ูุฃูƒู„ ุซู… ู‚ุงู„ ู‚ุฏ ูƒู†ุช ุฃุตุจุญุช ุตุงุฆู…ุง ู‚ุงู„ ุทู„ุญุฉ ูุญุฏุซุช ู…ุฌุงู‡ุฏุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ูู‚ุงู„ ุฐุงูƒ ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ุฑุฌู„ ูŠุฎุฑุฌ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ู…ู† ู…ุงู„ู‡ ูุฅู† ุดุงุก ุฃู…ุถุงู‡ุง ูˆุฅู† ุดุงุก ุฃู…ุณูƒู‡ุง. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู….

Arti hadist

ูˆุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ูƒุงู…ู„ ูุถูŠู„ ุจู† ุญุณูŠู† ุญุฏุซู†ุง ุนุจุฏ ุงู„ูˆุงุญุฏ ุจู† ุฒูŠุงุฏ ุญุฏุซู†ุง ุทู„ุญุฉ ุจู† ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุนุจูŠุฏ ุงู„ู„ู‡ ุญุฏุซุชู†ูŠ ุนุงุฆุดุฉ ุจู†ุช ุทู„ุญุฉ ุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฃู… ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ู‚ุงู„ุช

Telah menceritakan kepada kami (Abu Kamil Fudlail bin Husain) Telah menceritakan kepada kami (Abdul Wahid bin Ziyad) telah menceritakan kepada kami (Thalhah bin Yahya bin Ubaidullah) telah menceritakan kepadaku (Aisyah binti Thalhah) dari (Sayyidah Aisyah) radliallahu 'anha, ia berkata;

ู‚ุงู„ ู„ูŠ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฐุงุช ูŠูˆู… ูŠุง ุนุงุฆุดุฉ ู‡ู„ ุนู†ุฏูƒู… ุดูŠุก

Pada suatu hari, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama bertanya kepadaku: 'Wahai Aisyah, apakah kamu ada makanan?'

ู‚ุงู„ุช ูู‚ู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ุง ุนู†ุฏู†ุง ุดูŠุก

Aisyah berkata, maka aku menjawab; Wahai Rasulullah aku tidak memiliki makanan

ู‚ุงู„ ูุฅู†ูŠ ุตุงุฆู…

Maka Rasulullah berkata; kalau begitu aku berpuasa

ู‚ุงู„ุช ูุฎุฑุฌ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูุฃู‡ุฏูŠุช ู„ู†ุง ู‡ุฏูŠุฉ ุฃูˆ ุฌุงุกู†ุง ุฒูˆุฑ

Aisyah berkata; maka Rasulullah keluar dan tak lama kemudian aku diberi makanan - atau dalam riwayat lain - datang tamu kepada kami

ู‚ุงู„ุช ูู„ู…ุง ุฑุฌุน ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู‡ุฏูŠุช ู„ู†ุง ู‡ุฏูŠุฉ ุฃูˆ ุฌุงุกู†ุง ุฒูˆุฑ ูˆู‚ุฏ ุฎุจุฃุช ู„ูƒ ุดูŠุฆุง

Aisyah berkata; Maka ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama kembali saya berkata ' kami diberi makanan makanan / datang kepada kami seorang memberi makanan dan aku simpan untukmu

ู‚ุงู„ ู…ุง ู‡ูˆ ู‚ู„ุช ุญูŠุณ

Beliau bertanya; makanan apa itu? Aku menjawab; kue hais (kue yang terbuat dari kurma, keju dan minyak samin)

ู‚ุงู„ ู‡ุงุชูŠู‡ ูุฌุฆุช ุจู‡ ูุฃูƒู„

Beliau berkata; bawalah kemari, maka aku sajikan kue itu dan beliau memakannya

ุซู… ู‚ุงู„ ู‚ุฏ ูƒู†ุช ุฃุตุจุญุช ุตุงุฆู…ุง

Kemudian beliau berkata; sunggu dari tadi pagi aku berpuasa.

ู‚ุงู„ ุทู„ุญุฉ ูุญุฏุซุช ู…ุฌุงู‡ุฏุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ูู‚ุงู„ ุฐุงูƒ ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ุฑุฌู„ ูŠุฎุฑุฌ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ู…ู† ู…ุงู„ู‡ ูุฅู† ุดุงุก ุฃู…ุถุงู‡ุง ูˆุฅู† ุดุงุก ุฃู…ุณูƒู‡ุง

Tholhah berkata; kemudian aku bercerita kepada mujahid tentang hadist ini, maka ia berkata; Hal itu seperti halnya seorang laki-laki yang mengeluarkan sedaqah dari sebagian hartanya. Jika ingin, ia akan mengeluarkannya, dan jika tidak, maka ia akan menahannya.

Bisa diambil kesimpulan dari hadist tersebut bahwa membatalkan puasa sunnah tetap mendapat pahala dengan catatan tidak main-main. Karena Rasulullah pernah berpuasa dan membatalkannya (karena nabi shohibus syariah) semua pekerjaan dan berkataan nabi bisa menjadi pedoman hukum.

Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban


Sebenarnya sholat sunnah pada nisfu syaban sama dengan shalat sunnah pada umumnya seperti sholat mutlak, namun tidak masalah diniati dengan niat lain dengan catatan sholat tersebut ikhlas karena Allah Subhanahu Wata'ala.

Hukum ini disampaikan oleh Abuya Sayyid Muhammad Al maliki Al hasani

ู„ุง ูŠู‚ุฏุญ ููŠ ู†ูŠุฉ ุงู„ู…ุตู„ูŠ ุฅุฐุง ู…ุง ู†ูˆู‰ ุจุนุฏ ุงู„ุฅุฎู„ุงุต ู„ู„ู‡ ุจุตู„ุงุชู‡ ู†ูŠุฉ ุฃุฎุฑู‰ ู…ู†ุฏุฑุฌุฉ ุชุญุช ู†ูŠุชู‡ ุงู„ุฃุตู„ูŠุฉ ูˆู…ุถุงูุฉ ุฅู„ูŠู‡ุง

"Tidak tercela dalam niat orang yang shalat (Musholli) setelah ia meniati shalatnya dengan ikhlas karena Allah memasukkan niat lain ke dalam niat tersebut dan niat itu ditambahkan kepadanya."

Beliau berlandasan hadist tentang anjuran sholat dua rakaat hajat (Karena hal tertentu) sebagimana hadist dibawah ini

ู…َู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู„َู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ุญَุงุฌَุฉٌ، ุฃَูˆْ ุฅِู„َู‰ ุฃَุญَุฏٍ ู…ِู†ْ ุจَู†ِูŠ ุขุฏَู…َ ูَู„ْูŠَุชَูˆَุถَّุฃْ ูˆَู„ْูŠُุญْุณِู†ِ ุงู„ْูˆُุถُูˆุกَ، ุซُู…َّ ู„ِูŠُุตَู„ِّ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ، ุซُู…َّ ู„ِูŠُุซْู†ِ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ
“Barang siapa yang memiliki suatu keinginan (hajat), atau kebutuhan kepada seorang bani Adam, maka berwudhulah, dan baguskanlah wudhu tersebut, kemudian shalat lah dua rakaat, setelah itu pujilah Allah"

Berikut tata cara sholat nisfu syaban
  1. Berwudhu (Bersuci)
  2.  Niat dalam hati dengan bahasa sendiri atau menggunakan bahasa arab[3].
  3. Membaca doa Iftitah
  4. Al Fatihah, dan surat Pendek sesuka hati
  5. Rukuk dengan baca doa rukuk 3x
  6. Itidal dengan baca doa Itidal 3x
  7. Sujud dengan baca doa sujud 3x
  8. Duduk di antara dua sujud, dengan membaca bacaan doanya.
  9. Sujud kedua.
  10. Berdiri melakukan rakaat yang kedua.
  11. Membaca bacaan doa Iftitah, Al Fatihah, diutamakan membaca surah Al Ikhlas 
  12. Duduk tahiyat akhir.
  13. Mengucap salam.
  14. Berdoa (lebih baik minta ampunan)

Doa Nisfu Syaban dan artinya


Doa malam nisfu syaban sebagai di rutinkan oleh Syaikhina Maimun Zubair beserta santri beliau yaitu berpedemon pada kitab Kanzun Najah Wassurur.

Pada kita tersebut kaum muslimin dianjurkan pada malam yang berkah menbaca amalan, baik dibaca sendirian atau bersama-sama di masjid dan di tempat lain, dan salah satu dari mereka menuntun doa tersebut atau dia berdoa sementara yang lainnya mengamininya.

Adapun tata caranya adalah berikut:

Setelah usai sholat maghrib, bacalah surat Yasin tiga kali dengan niat:

1. Agar diberi panjang umur. (Kemudian berdoa, red).
2. Agar terhindar dari bala'. (Kemudian berdoa, red).
3. Agar tidak menggantungkan diri dengan orang lain. (Kemudian berdoa, red).

Setiap selesai membaca Surat Yasin, maka diiringi dengan membaca do’a Nishfu Sya’ban.

Inilah doa yang mubarok itu (masyhur/umum).

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…ٰู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ، ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†ุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَู€ุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْู…َู†ِّ ูˆَู„ุงَ ูŠُู…َู†ُّ ุนَู„َูŠْู‡ِ، ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْุฌَู„ุงَู„ِ ูˆَุงู„ْุฅِูƒْุฑَุงู…ِ، ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ุทَูˆْู„ِ ูˆَุงู„ْุฅِู†ْุนَุงู…ِ، ู„َุง ุฅู„َู‡َ ุงِู„َّุง ุงَู†ْุชَ، ุธَู‡ْุฑَ ุงู„ู„ุงَّุฌِูŠْู†َ، ูˆَุฌَุงุฑَ ุงู„ْู…ُุณْุชَุฌِูŠْุฑِูŠْู†َ، ูˆَู…َุฃْู…َู†َ ุงู„ْุฎَุงุฆِูِูŠْู†َ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงِู†ْ ูƒُู†ْุชَ ูƒَุชَุจْุชَู†ِูŠْ ุนِู†ْุฏَูƒَ ุดَู‚ِูŠًّุง ุฃَูˆْ ู…َุญْุฑُูˆْู…ًุง ุฃَูˆْ ู…َุทْุฑُูˆْุฏًุง ุฃَูˆْ ู…ُู‚ْุชَุฑًุง ุนَู„َูŠَّ ูِูŠ ุงู„ุฑِّุฒْู‚ِ، ูَุงู…ْุญُ ุงู„َّู„ู‡ُู…َّ ุจِูَุถْู„ِูƒَ ุดَู‚َุงูˆَุชِูŠْ ูˆَุญِุฑْู…َุงู†ِูŠ ูˆَุทَุฑْุฏِูŠْ ูˆَุงِู‚ْุชَุงุฑَ ุฑِุฒْู‚ِูŠْ، ูˆَุฃَุซْุจِุชْู†ِูŠْ ุนِู†ْุฏَูƒَ ูِูŠْ ุฃُู…ِّ ุงู„ْูƒِุชَุงุจِ ุณَุนِูŠْุฏًุง ู…َุฑْุฒُูˆْู‚ًุง ู…ُูˆَูَّู‚ًุง ู„ِู„ْุฎَูŠْุฑَุงุชِ، ูَุฅِู†َّูƒَ ู‚ُู„ْุชَ ูˆَู‚َูˆْู„ُูƒَ ุงู„ْุญَู‚ُّ، ูِูŠْ ูƒِุชَุงุจูƒَ ุงْู„ู€ู…ُู†ْุฒَู„ِ، ุนَู„َู‰ ู„ِุณَุงู†ِ ู†َุจِูŠِّูƒَ ุงْู„ู€ู…ُุฑْุณَู„ِ، ูŠَู…ْุญُูˆ ุงู„ู„ู‡ُ ู…َุง ูŠَุดَุงุกُ ูˆَูŠُุซْุจِุชُ ูˆَุนِู†ْุฏَู‡ُ ุฃُู…ُّ ุงู„ْูƒِุชَุงุจِ. ุงِู„َู‡ِูŠْ ุจِุงู„ุชَّุฌَู„ِّูŠ ุงْู„ุงَุนْุธَู…ِ، ูِูŠ ู„َูŠْู„َุฉِ ุงู„ู†ِّุตْูِ ู…ِู†ْ ุดَู‡ْุฑِ ุดَุนْุจุงَู†َ ุงْู„ู€ู…ُูƒَุฑَّู…ِ، ุงู„َّุชِูŠْ ูŠُูْุฑَู‚ُ ูِูŠْู‡َุง ูƒُู„ُّ ุฃَู…ْุฑٍ ุญَูƒِูŠْู…ٍ ูˆَูŠُุจْุฑَู…ُ، ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุฃَู†ْ ุชَูƒْุดِูَ ุนَู†َّุง ู…ِู†َ ุงู„ْุจَู„ุงَุกِ ู…َุง ู†َุนْู„َู…ُ، ูˆَู…َุง ู„َุง ู†َุนْู„َู…ُ، ูˆَู…َุง ุงَู†ْุชَ ุจِู‡ِ ุฃَุนْู„َู…ُ، ุงِู†َّูƒَ ุฃَู†ْุชَ ุงْู„ุฃَุนَุฒُّ ุงْู„ุงَูƒْุฑَู…ُ، ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุงَู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ.


Pada kitab itu disebutkan pula riwayat Imam Al-Dairoby tentang amalan Nishfu Sya'ban yaitu membaca Yasin tiga kali dengan niat seperti ditulis di atas, kemudian membaca doa ini sepuluh kali. Insya ALLOH apa yang dikehendaki akan berhasil. Doanya ialah:

ุฅِู„َู‡ِูŠْ ุฌُูˆْุฏُูƒ ุฏَู„َّู†ِูŠْ ุนَู„َูŠูƒَ، ูˆَุฅِุญْุณَุงู†ُูƒَ ู‚َุฑَّุจَู†ِูŠ ุฅِู„َูŠูƒَ، ุฃَุดْูƒُูˆْ ุฅِู„َูŠْูƒَ ู…َุง ู„َุง ูŠَุฎูَู‰ ุนَู„َูŠْูƒَ، ูˆَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ู…َุง ู„َุง ูŠَุนْุณُุฑُ ุนَู„َูŠْูƒَ، ุฅِุฐْ ุนِู„ู…ُูƒَ ุจِุญَุงู„ِูŠْ ูŠَูƒْูِูŠْ ุนَู†ْ ุณُุคَุงู„ِูŠْ، ูŠَุง ู…ُูَุฑِّุฌَ ูƒُุฑَุจِ ุงู„ْู…َูƒْุฑُูˆْุจِูŠْู†َ، ูَุฑِّุฌْ ุนَู†ِّูŠْ ู…َุง ุฃَู†َุง ูِูŠْู‡ِ، ู„َุง ุฅِู„ู‡َ ุฅِู„َّุง ุฃَู†ْุชَ ุณُุจุญَุงู†َูƒَ ุฅِู†ِّูŠْ ูƒُู†ُุชُ ู…ِู†َ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠْู†َ. ูَุงุณْุชَุฌَุจْู†َุง ู„َู‡ُ ูˆَู†َุฌِّูŠْู†َุงู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ْุบَู…ِّ ูˆَูƒَุฐَู„ِูƒَ ู†ُู†ْุฌِูŠ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ.

Kemudian dilanjutkan dengan doa yang pertama (doa mubarok)

Doa di atas adalah minimal. Sementara Doa yang lebih sempurna sebagi berikut:

ุฅِู„َู‡ِูŠْ ุชَุนَุฑَّุถَ ุฅِู„َูŠْูƒَ ูِูŠْ ู‡ุฐِู‡ِ ุงู„ู„َّูŠْู„َุฉِ ุงู„ْู…ُุชَุนَุฑِّุถُูˆْู†َ، ูˆَู‚َุตَุฏَูƒَ ูˆَุฃَู…َّู„َ ู…َุนْุฑُูˆْูَูƒَ ูˆَูَุถْู„َูƒَ ุงู„ุทَّุงู„ِุจُูˆْู†َ، ูˆَุฑَุบَุจَ ุฅِู„َู‰ ุฌُูˆْุฏِูƒَ ูˆَูƒَุฑَู…ِูƒَ ุงู„ุฑَّุงุบِุจُูˆْู†َ، ูˆَู„َูƒَ ูِูŠ ู‡ุฐِู‡ِ ุงู„ู„َّูŠْู„َุฉِ ู†ُูَุญَุงุชٌ، ูˆุนَุทَุงูŠَุง ูˆَุฌَูˆَุงุฆِุฒُ، ูˆَู…َูˆَุงู‡ِุจُ ูˆَู‡َุจَّุงุชٌ، ุชَู…ُู†ُّ ุจِู‡َุง ุนَู„َู‰ ู…َู†ْ ุชَุดَุงุกُ ู…ِู†ْ ุนِุจَุงุฏِูƒَ، ูˆَุชَุฎُุตُّ ุจِู‡َุง ู…َู†ْ ุฃَุญْุจَุจْุชَู‡ُ ู…ِู†ْ ุฎَู„ْู‚ِูƒَ، ูˆَุชَู…ْู†َุนُ ูˆَุชَุญْุฑُู…ُ ู…َู†ْ ู„َู…ْ ุชَุณْุจِู‚ْ ู„َู‡ُ ุงู„ْุนِู†َุงูŠَุฉُ ู…ِู†ْูƒَ،

ูَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ูŠَุง ุงู„ู„ู‡ُ ุจِุฃَุญَุจِّ ุงู„ุฃَุณْู…َุงุกِ ุฅِู„َูŠْูƒَ، ูˆَุฃَูƒْุฑَู…ِ ุงู„ْุฃَู†ْุจِูŠَุงุกِ ุนَู„َูŠْูƒَ، ุฃَู†ْ ุชَุฌْุนَู„َู†ِูŠْ ู…ِู…َّู†ْ ุณَุจَู‚َุชْ ู„َู‡ُ ู…ِู†ْูƒَ ุงู„ْุนِู†َุงูŠَุฉُ، ูˆَุงุฌْุนَู„ْู†ِูŠْ ู…ِู†ْ ุฃَูˆْูَุฑِ ุนِุจَุงุฏِูƒَ ูˆَุฃَุฌْุฒَู„ِ ุฎَู„ْู‚ِูƒَ ุญَุธًّุง ูˆَู†َุตِูŠْุจًุง ูˆَู‚ِุณْู…ًุง ูˆَู‡ِุจَุฉً ูˆَุนَุทِูŠَّุฉً ูِูŠْ ูƒُู„ِّ ุฎَูŠْุฑٍ، ุชَู‚ْุณِู…ُู‡ُ ูِูŠْ ู‡ุฐِู‡ِ ุงู„ู„َّูŠْู„َุฉِ ุฃَูˆْ ูِูŠْู…َุง ุจَุนْุฏَู‡َุง، ู…ِู†ْ ู†ُูˆْุฑٍ ุชَู‡ْุฏِูŠْ ุจِู‡ِ، ุฃَูˆْ ุฑَุญْู…َุฉٍ ุชَู†ْุดُุฑُู‡َุง، ุฃَูˆْ ุฑِุฒْู‚ٍ ุชَุจْุณُุทُู‡ُ، ุฃَูˆْ ุถُุฑٍّ ุชَูƒْุดِูُู‡ُ، ุฃَูˆْ ุฐَู†ْุจٍ ุชَุบْูِุฑُู‡ُ، ุฃَูˆْ ุดِุฏَّุฉٍ ุชَุฏْูَุนُู‡َุง، ุฃَูˆْ ูِุชْู†َุฉٍ ุชَุตْุฑِูُู‡َุง، ุฃَูˆْ ุจَู„َุงุกٍ ุชَุฑْูَุนُู‡ُ، ุฃَูˆْ ู…ُุนَุงูَุงุฉٍ ุชَู…ُู†ُّ ุจِู‡َุง، ุฃَูˆْ ุนَุฏُูˆٍّ ุชَูƒْูِูŠْู‡ِ، ูَุงูƒْูِู†ِูŠْ ูƒُู„َّ ุดَุฑٍّ، ูˆَูˆَูِّู‚ْู†ِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู„ِู…َูƒَุงุฑِู…ِ ุงู„ْุฃَุฎْู„َุงู‚ِ، ูˆَุงุฑْุฒُู‚ْู†ِูŠَ ุงู„ْุนَุงูِูŠَุฉَ ูˆَุงู„ْุจَุฑَูƒَุฉَ ูˆَุงู„ุณَّุนَุฉَ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุฒَุงู‚ِ، ูˆَุณَู„ِّู…ْู†ِูŠْ ู…ِู†َ ุงู„ุฑِّุฌْุฒِ ูˆَุงู„ุดِّุฑْูƒِ ูˆَุงู„ู†ِّูَุงู‚ِ.

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّ ู„َูƒَ ู†َุณَู…َุงุชِ ู„ُุทْูٍ، ุฅِุฐَุง ู‡َุจَّุชْ ุนَู„َู‰ ู…َุฑِูŠْุถِ ุบَูْู„َุฉٍ ุดَูَุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ู†َูَุญَุงุชِ ุนَุทْูٍ، ุฅِุฐَุง ุชَูˆَุฌَّู‡َุชْ ุฅِู„َู‰ ุฃَุณِูŠْุฑِ ู‡َูˆًู‰ ุฃَุทْู„َู‚َุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ุนِู†َุงูŠَุงุชِ، ุฅِุฐَุง ู„َุงุญَุธَุชْ ุบَุฑِูŠْู‚ًุง ูِูŠْ ุจَุญْุฑِ ุถَู„َุงู„َุฉٍ ุฃَู†ْู‚َุฐَุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ุณَุนَุงุฏَุงุชٍ، ุฅِุฐَุง ุฃَุฎَุฐَุชْ ุจِูŠَุฏِ ุดَู‚ِูŠٍّ ุฃَุณْุนَุฏَุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ู„َุทَุงุฆِูَ ูƒَุฑَู…ٍ، ุฅِุฐَุง ุถَุงู‚َุชِ ุงู„ْุญِูŠْู„َุฉُ ู„ِู…ُุฐْู†ِุจٍ ูˆَุณَุนَุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ูَุถَุงุฆِู„َ ูˆَู†ِุนَู…ًุง، ุฅِุฐَุง ุชَุญَูˆَّู„َุชْ ุฅِู„َู‰ ูَุงุณِุฏٍ ุฃَุตْู„َุญَุชْู‡ُ، ูˆَุฅِู†َّ ู„َูƒَ ู†َุธَุฑَุงุชِ ุฑَุญْู…َุฉٍ، ุฅِุฐَุง ู†َุธَุฑَุชْ ุจِู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุบَุงูِู„ٍ ุฃَูŠْู‚َุธَุชْู‡ُ.

ูَู‡َุจْ ู„ِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู…ِู†ْ ู„ُุทْูِูƒَ ุงู„ْุฎَูِูŠِّ ู†َุณَู…َุฉً، ุชَุดْูِูŠْ ู…َุฑْุถَ ุบَูْู„َุชِูŠ، ูˆَุงู†ْูَุญْู†ِูŠْ ู…ِู†ْ ุนَุทْูِูƒَ ุงู„ูˆَูِูŠِّ ู†َูْุญَุฉً ุทَูŠِّุจَุฉً، ุชُุทْู„ِู‚ُ ุจِู‡َุง ุฃَุณْุฑِูŠ ู…ِู†ْ ูˆَุซَุงู‚ِ ุดَู‡ْูˆَุชِูŠْ، ูˆَุงู„ْุญَุธْู†ِูŠْ ูˆَุงุญْูَุธْู†ِูŠْ ุจِุนَูŠْู†ِ ุนِู†َุงูŠَุชِูƒَ ู…ُู„َุงุญَุธَุฉً، ุชُู†ْู‚ِุฐُู†ِูŠْ ุจِู‡َุง، ูˆَุชُู†ْุฌِูŠْู†ِูŠْ ุจِู‡َุง ู…ِู†ْ ุจَุญْุฑِ ุงู„ุถَّู„َุงู„َุฉ، ูˆَุขุชِู†ِูŠْ ู…ِู†ْ ู„َุฏُู†ْูƒَ ุฑَุญْู…َุฉً ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ، ุชُุจَุฏِّู„ُู†ِูŠ ุจِู‡َุง ุณَุนَุงุฏَุฉً ู…ِู†ْ ุดَู‚َุงูˆَุฉٍ، ูˆَุงุณْู…َุนْ ุฏُุนَุงุฆِูŠْ، ูˆَุนَุฌِّู„ْ ุฅِุฌَุงุจَุชِูŠْ، ูˆَุงู‚ْุถِ ุญَุงุฌَุชِูŠْ ูˆَุนَุงูِู†ِูŠْ، ูˆَู‡َุจْ ู„ِูŠْ ู…ِู†ْ ูƒَุฑَู…ِูƒَ ูˆَุฌُูˆْุฏِูƒَ ุงู„ْูˆَุงุณِุนِ ู…َุง ุชَุฑْุฒُู‚ُู†ِูŠْ ุจِู‡ِ ุงู„ْุฅِู†َุงุจَุฉَ ุฅِู„َูŠْูƒَ ู…َุนَ ุตِุฏْู‚ِ ุงู„ู„َّุฌَุฃِ ูˆَู‚َุจُูˆْู„ِ ุงู„ุฏُّุนَุงِุก، ูˆَุฃَู‡ِّู„ْู†ِูŠْ ู„ِู‚َุฑْุนِ ุจَุงุจِูƒَ ู„ِู„ุฏُّุนَุงุกِ ูŠَุง ุฌَูˆَุงุฏُ، ุญَุชَّู‰ ูŠَุชَّุตِู„َ ู‚َู„ْุจِูŠْ ุจِู…َุง ุนِู†ْุฏَูƒَ، ูˆَุชُุจَู„ِّุบُู†ِูŠْ ุจِู‡َุง ุฅِู„َู‰ ู‚َุตْุฏِูƒَ ูŠَุง ุฎَูŠْุฑَ ู…َู‚ْุตُูˆْุฏٍ ูˆَุฃَูƒْุฑَู…َ ู…َุนْุจُูˆْุฏٍ، ุงِุจْุชِู‡َุงู„ِูŠْ ูˆَุชَุถَุฑُّุนِูŠْ ูِูŠْ ุทَู„َุจِ ู…َุนُูˆْู†َุชِูƒَ، ูˆَุฃَุชَّุฎِุฐُูƒَ ูŠَุง ุฅِู„َู‡ِูŠْ ู…َูْุฒَุนًุง ูˆَู…َู„ْุฌَุฃً، ุฃَุฑْูَุนُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุญَุงุฌَุชِูŠْ ูˆَู…َุทَุงู„ِุจِูŠْ ูˆَุดَูƒَูˆَุงูŠَ، ูˆَุฃُุจْุฏِูŠ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุถُุฑِّูŠ، ูˆَุฃُูَูˆِّุถُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุฃَู…ْุฑِูŠ ูˆَู…ُู†َุงุฌَุงุชِูŠْ، ูˆَุฃَุนْุชَู…ِุฏُ ุนَู„َูŠْูƒَ ูِูŠْ ุฌَู…ِูŠْุนِ ุฃُู…ُูˆْุฑِูŠْ ูˆَุญَุงู„َุงุชِูŠْ.

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ูˆَู‡ุฐِู‡ِ ุงู„ู„َّูŠْู„َุฉَ ุฎَู„ْู‚ٌ ู…ِู†ْ ุฎَู„ْู‚ِูƒَ، ูَู„َุง ุชَุจْู„ُู†ِูŠْ ูِูŠْู‡َุง ูˆَู„َุง ุจَุนْุฏَู‡َุง ุจِุณُูˆْุกٍ ูˆَู„َุง ู…َูƒْุฑُูˆْู‡ٍ، ูˆَู„َุง ุชُู‚َุฏِّุฑْ ุนَู„َูŠَّ ูِูŠْู‡َุง ู…َุนْุตِูŠุฉً ูˆَู„َุง ุฒَู„َّุฉً، ูˆَู„َุง ุชُุซْุจِุชْ ุนَู„َูŠَّ ูِูŠْู‡َุง ุฐَู†ْุจًุง، ูˆَู„َุง ุชَุจْู„ُู†ِูŠْ ูِูŠْู‡َุง ุฅِู„َّุง ุจِุงู„َّุชِูŠ ู‡ِูŠَ ุฃَุญْุณَู†ُ، ูˆَู„َุง ุชُุฒَูŠِّู†ْ ู„ِูŠْ ุฌَุฑَุงุกَุฉً ุนَู„َู‰ ู…َุญَุงุฑِู…ِูƒَ، ูˆَู„َุง ุฑُูƒُูˆْู†ًุง ุฅِู„َู‰ ู…َุนْุตِูŠَุชِูƒَ، ูˆَู„َุง ู…َูŠْู„ุงً ุฅِู„َู‰ ู…ُุฎَุงู„َูَุชِูƒَ، ูˆَู„َุง ุชَุฑْูƒًุง ู„ِุทَุงุนَุชِูƒَ، ูˆَู„َุง ุงِุณْุชِุฎْูَุงูًุง ุจِุญَู‚ِّูƒَ، ูˆَู„َุง ุดَูƒًّุง ูِูŠْ ุฑِุฒْู‚ِูƒَ، ูَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู†َุธْุฑَุฉً ู…ِู†ْ ู†َุธَุฑَุงุชِูƒَ، ูˆَุฑَุญْู…َุฉً ู…ِู†ْ ุฑَุญْู…َุงุชِูƒَ، ูˆَุนَุทِูŠَّุฉً ู…ِู†ْ ุนَุทِูŠَّุงุชِูƒَ ุงู„ู„َّุทِูŠْูَุฉِ، ูˆَุงุฑْุฒُู‚ْู†ِูŠْ ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِูƒَ، ูˆَุงูƒْูِู†ِูŠْ ุดَุฑَّ ุฎَู„ْู‚ِูƒَ، ูˆَุงุญْูَุธْ ุนَู„َูŠَّ ุฏِูŠْู†َ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ، ูˆَุงู†ْุธُุฑْ ุฅِู„َูŠْู†َุง ุจِุนَูŠْู†ِูƒَ ุงู„َّุชِูŠْ ู„َุง ุชَู†َุงู…ُ. ูˆَุขุชِู†َุง ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุญَุณَู†َุฉً ูˆَูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ุญَุณَู†َุฉً ูˆَู‚ِู†َุง ุนَุฐَุงุจَ ุงู„ู†َّุงุฑِ (ุซู„ุงุซุง).

ุฅِู„َู‡ِูŠْ ุจِุงู„ุชَّุฌَู„ِّูŠ ุงู„ุฃَุนْุธَู…ِ ูِูŠْ ู„َูŠْู„َุฉِ ุงู„ู†ِّุตْูِ ู…ِู†ْ ุดَุนْุจَุงู†َ ุงู„ุดَّู‡ْุฑِ ุงู„ุฃَูƒْุฑَู…ِ، ุงู„َّุชِูŠْ ูŠُูْุฑَู‚ُ ูِูŠْู‡َุง ูƒُู„ُّ ุฃَู…ْุฑٍ ุญَูƒِูŠْู…ٍ ูˆَูŠُุจْุฑَู…ُ، ุงِูƒْุดِูْ ุนَู†َّุง ู…ِู†َ ุงู„ْุจَู„َุงุกِ ู…َุง ู†َุนْู„َู…ُ ูˆَู…َุง ู„َุง ู†َุนْู„َู…ُ، ูˆَุงุบْูِุฑْ ู„َู†َุง ู…َุง ุฃَู†ْุชَ ุจِู‡ِ ุฃَุนْู„َู…ُ (ุซู„ุงุซุง).

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ู…ِู†ْ ุฎَูŠْุฑِ ู…َุง ุชَุนْู„َู…ُ، ูˆَุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†ْ ุดَุฑِّ ู…َุง ุชَุนْู„َู…ُ، ูˆَุฃَุณْุชَุบْูِุฑُ ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ู…َุง ุชَุนْู„َู…ُ، ุฅِู†َّูƒَ ุฃَู†ْุชَ ุนَู„َّุงู…ُ ุงู„ْุบُูŠُูˆْุจِ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ู…ِู†ْ ุฎَูŠْุฑِ ู…َุงَ ุชَุนْู„َู…ُ ูˆَู…َุง ู„َุง ุฃَุนْู„َู…ُ، ูˆَุฃَุณْุชَุบْูِุฑُูƒَ ู„ِู…َุง ุฃَุนْู„َู…ُ ูˆَู…َุง ู„َุง ุฃَุนْู„َู…ُ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّ ุงู„ْุนِู„ْู…َ ุนِู†ْุฏَูƒَ، ูˆَู‡ُูˆَ ุนَู†َّุง ู…َุญْุฌُูˆْุจٌ، ูˆَู„َุง ู†َุนْู„َู…ُ ุฃَู…ْุฑًุง ู†َุฎْุชَุงุฑُู‡ُ ู„ِุฃَู†ْูُุณِู†َุง، ูˆَู‚َุฏْ ูَูˆَّุถْู†َุง ุฅِู„َูŠْูƒَ ุฃُู…ُูˆْุฑَู†َุง، ูˆَุฑَูَุนْู†َุง ุฅِู„َูŠْูƒَ ุญَุงุฌَุงุชِู†َุง، ูˆَุฑَุฌَูˆْู†َุงูƒَ ู„ِูَุงู‚َุงุชِู†َุง ูˆَูَู‚ْุฑِู†َุง، ูَุงุฑْุดُุฏْู†َุง ูŠَุง ุงَู„ู„ู‡ُ، ูˆَุซَุจِّุชْู†َุง ูˆَูˆَูِّู‚ْู†َุง ุฅِู„َู‰ ุฃَุญَุจِّ ุงู„ْุฃُู…ُูˆْุฑِ ุฅِู„َูŠْูƒَ، ูˆَุฃَุญْู…َุฏِู‡َุง ู„َุฏَูŠْูƒَ، ูَุฅِู†َّูƒَ ุชَุญْูƒُู…ُ ุจِู…َุง ุชَุดَุงุกُ، ูˆَุชَูْุนَู„ُ ู…َุง ุชُุฑِูŠْุฏُ، ูˆَุฃَู†ْุชَ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ู‚َุฏِูŠْุฑٌ، ูˆَู„َุง ุญَูˆْู„َ ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ْุนَู„ِูŠِّ ุงู„ْุนَุธَูŠْู…ِ.

ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ.
ุณُุจْุญَุงู†َ ุฑَุจِูƒَ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนِุฒَّุฉِ ุนَู…َّุง ูŠَุตِูُูˆْู†َ، ูˆَุณَู„َุงู…ٌ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุฑْุณَู„ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ.


Dan ditambah dengan doa:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِุฐْ ุฃَุทْู„َุนْุชَ ู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ู†ِّุตْูِ ู…ِู†ْ ุดَุนْุจَุงู†َ ุนَู„َู‰ ุฎَู„ْู‚ِูƒَ، ูَุนُุฏْ ุนَู„َูŠْู†َุง ุจِู…َู†ِّูƒَ ูˆَุนِุชْู‚ِูƒَ، ูˆَู‚َุฏِّุฑْ ู„َู†َุง ู…ِู†ْ ูََุถْู„ِูƒَ، ูˆَูˆَุณِِّุนْ ุฑِุฒْู‚َูƒَ، ูˆَุงุฌْุนَู„ْู†َุง ู…ِู…َّู†ْ ูŠَู‚ُูˆْู…ُ ู„َูƒَ ูِูŠْู‡َุง ุจِุจَุนْุถِ ุญَู‚ِّูƒَ.

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ู…َู†ْ ู‚َุถَูŠْุชَ ูِูŠْู‡َุง ุจِูˆَูَุงุชِู‡ِ، ูَุงู‚ْุถِ ู…َุนَ ุฐَู„ِูƒَ ุฑَุญْู…َุชَูƒَ، ูˆَู…َู†ْ ู‚َุฏَّุฑْุชَ ูِูŠْู‡َุง ุทُูˆْู„َ ุญَูŠَุงุชِู‡ِ، ูَุงุฌْุนَู„ْ ู…َุนَ ุฐَู„ِูƒَ ู†ِุนْู…َุชَูƒَ، ูˆَุจَู„ِّุบْู†َุง ู…َุง ู„ุงَ ุชَุจْู„ُุบُ ุงْู„ุขู…َุงู„ُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ، ูŠَุง ุฎَูŠْุฑَ ู…َู†ْ ูˆَู‚َูَุชِ ุงْู„ุฃَู‚ْุฏَุงู…ُ ุจَูŠْู†َ ูŠَุฏَูŠْู‡ِ، ูŠَุง ุฑَุจَّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ، ุจِุฑَุญْู…َุชِูƒَ ูŠَุง ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†.

ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุฎَูŠْุฑِ ุฎَู„ْู‚ِู‡ِ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ุฃَุฌْู…َุนِูŠْู†َ، ูˆَุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ[4].

Keutamaan malam Nisfu Sya'ban


Pada malam nisfu syaban ini memiliki keutamanaa sebagimana yang terangkan dalam hadist hadist nabi

ู‚ุงู… ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู… ู…ู† ุงู„ู„َّูŠู„ِ ูŠُุตู„ِّูŠ ، ูุฃุทุงู„ ุงู„ุณُّุฌูˆุฏَ ุญุชَّู‰ ุธู†ู†ุชُ ุฃู†َّู‡ ู‚ุฏ ู‚ُุจِุถ ، ูู„ู…َّุง ุฑุฃูŠุชُ ุฐู„ูƒ ู‚ُู…ุชُ ุญุชَّู‰ ุญุฑَّูƒุชُ ุฅุจู‡ุงู…َู‡ ูุชุญุฑَّูƒ ูุฑุฌุนุชُ ، ูู„ู…َّุง ุฑูุน ุฅู„ูŠَّ ุฑุฃุณَู‡ ู…ู† ุงู„ุณُّุฌูˆุฏِ ูˆูุฑุบ ู…ู† ุตู„ุงุชِู‡ ، ู‚ุงู„ : ูŠุง ุนุงุฆุดุฉُ - ุฃูˆ ูŠุง ุญُู…ูŠุฑุงุกُ - ุฃุธู†ู†ุชِ ุฃู†َّ ุงู„ู†َّุจูŠَّ ู‚ุฏ ุฎุงุณ ุจูƒ ، ู‚ู„ุชُ : ู„ุง ูˆุงู„ู„ู‡ِ ، ูŠุง ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ، ูˆู„ูƒู†َّู†ูŠ ุธู†ู†ุชُ ุฃู†َّูƒ ู‚ُุจِุถุชَ ู„ุทูˆู„ِ ุณุฌูˆุฏِูƒ ، ูู‚ุงู„ : ุฃุชุฏุฑูŠู† ุฃูŠُّ ู„ูŠู„ุฉٍ ู‡ุฐู‡ ؟ ู‚ู„ุชُ : ุงู„ู„ู‡ُ ูˆุฑุณูˆู„ُู‡ ุฃุนู„ู…ُ ، ู‚ุงู„ : ู‡ุฐู‡ ู„ูŠู„ุฉُุงู„ู†ِّุตูِ ู…ู† ุดุนุจุงู†َ ، ุฅู†َّ ุงู„ู„ู‡َ - ุนุฒَّ ูˆุฌู„َّ - ูŠุทَّู„ِุนُ ุนู„ู‰ ุนุจุงุฏِู‡ ููŠ ู„ูŠู„ุฉِ ุงู„ู†ِّุตูِ ู…ู† ุดุนุจุงู†َ ، ููŠุบูِุฑُ ู„ู„ู…ุณุชุบูุฑูŠู† ، ูˆูŠุฑุญู…ُ ุงู„ู…ุณุชุฑุญู…ูŠู† ، ูˆูŠุคุฎِّุฑُ ุฃู‡ู„َ ุงู„ุญู‚ุฏِ ูƒู…ุง ู‡ู…

Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallama bangun pada malam (nisfu syaban) dan melakukan shalat dengan lama bersujud, sehingga aku menyangka beliau telah diambil (dikira wafat karena saking lamanya bersuju). karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah - atau Wahai Humaira', apakah kamu mengira bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu kepadamu?”Aku menjawab, “ Demi Allah, Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa engkau telah dipanggil Allah karena sujud Anda sangat lama.” Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?” Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah mendatangi hamba-hamba-Nya di malam nisfu syaban dan memberi ampunan kepada orang yang minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang hasud (dengki) sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi, Syu'bul Iman 3/140/5 )

Kesimpulannya

Allah akan mengampuni siapa saja yang minta maaf (Minta ampunan)
Memberi rahmah kepada hambanya yang meminta belas kasihnya
Memberikankan Risqi kepada kita yang memohon rizqi kepadaNya

Catatan kaki


[1] Dari Aisyah (Istri nabi) Radiyallahu Anha, diriwayatkan oleh Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156.

[2] Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadis yaitu yang mashur dikenal dengan sebutan Imam Bukhori, nama aslinya Abu Abdullah, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari (orang Bukhara, sekarang di negara Uzbekistan) dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi)

[3] Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala"

Artinya: "Saya akan bersholat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Jika dikerjaka pada malam hari, bacaan niatnya sebagai ini:

"Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rok'ataini lillahi ta'alaa"

Artinya: "Saya shalat sunnat malam Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

[3] Disadur dari tulisan Kanthongumur (Kiai wahyudi khadam syaikh Maimun Zubair)

Belum ada Komentar untuk "Bulan Syaban: Doa, puasa dan sholat nisfu sya'ban beserta keutamaannya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel