Cara instal dan menggunakan aplikasi zoom di laptop dan HP untuk meeting online

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 (Virus Corona) yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia termasuk Indonesia, pemerintah Jokowi menerapkan dan mengimbau semua pekerja kantoran bekerja dari rumah masing-masing.

Cara instal dan menggunakan aplikasi zoom
Aplikasi zoom

Maka oleh sebab itu tidak boleh tidak harus mengerjakan tugas dan kewajiban dari rumah secara online, termasuk saat ingin mengadakan rapat, belajar, dan kuliah online.

Untuk menunjang aktivitas tersebut perlu alat bantu seperti aplikasi Zoom yang bisa dimanfaatkan saat kondisi seperti sekarang ini. Sebenarnya tidaknya Zoom, aplikasi serupa masih banyak, contoh Skype, Google Class Room, dan aplikasi lainnya.

Penulis pada kesempatakan kali ini akan membahas Cara instal dan pakai aplikasi zoom di laptop untuk meeting online di kantor atau perusahaan Anda. Namun alangkah baiknya kita ketahui dulu tentang aplikasi yang lagi trend ini.

Apa itu aplikasi zoom


Zoom adalah salah satu aplikasi komunikasi yang menggunakan video cloud computing yang dapat dijalankan disemua platform, baik itu di HP, Desktop, hingga Tablet untuk bertatap muka secara virtual.

Zoom juga tersedia panggilan audio, namun pada umumnya oleh para pengguna sering digunakan untuk konferensi dan meeting online yang berupa video. Karena aplikasi ini dapat menyimpan video yang telah direkam (bisa ditonton dilain waktu).

Aplikasi yang beralamat di San Jose, California, Amerika Serikat didirikan sejak 2011 silam oleh Eric Yuan dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan dan organisasi untuk memfasilitasi para karyawan yang berada diluar kota dan luar negeri.

Fitur aplikasi zoom


1. Video dan audio HD

Perusahaan yang dipimpin Eric Yuan ini fokus utama fiturnya adalah kualitas Video dan audio. Dengan menggunakan aplikasi zoom, pengguna akan dengan nyaman berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Karena kualitas aplikasi Zoom sudah high definition (HD).

Artinya gambar dan suara sangat jernih, dengan catata koneksi internet Anda memadai, seperti menggunkan layana dari Indihome fiber optik, operator selular yang telah tersedia 4G.

2. Alat kolaborasi bawaan

Kalaborasi disini maksudnya setiap pengguna Zoom bisa saling berbagi layar secara bersamaan. Baik itu layar capture atau teks untuk menulis.

Selain itu aplikasi zoom sudah tersedia berbagi dokument dari Gdrive dan DropBox. Jadi jika kalian menjalankan aplikasi ini hampir semua kebutuhan terpenuhi.

3. Keamanan

Di era sekarang ini hampir layanan online telah meningkatkan keamana akun agar pengguna nyaman menggunakan aplikasi ini.

Zoom telah dilengkap dengan keamana End-to-end-encryption (E2EE), artinya sistem komunikasi aplikasi Zoom hanya dapat dibaca dan dikirim oleh pengguna itu sendiri.

Fungsi dari E2EE ini menghindari dari pihak-pihak yang tidak bertangung jawab, seperti menyadap, mencegat komunikasi user Zoom.

Sementara perlindungan kata sandi atau password sudah tidak tidak perlu ditanyakan lagi. Perusahaan asal Amerika ini sudah memiliki keamanan berlapis.

Tapi meskipun demikian, namanya buatan manusia pasti ada celah dan kekurangannya. Namun anda tak perlu takut dengan hal itu.

4. Transkrip

Transkrip adalah cara mudah untuk membuat teks yang biasanya diucapkan bersamaan dengan video.

Ini sangat membantu buat kalian yang males bicara alias inging ngobrol pakai teks tanpa suara. Karena aplikasi zoom juga bisa dinikmati oleh komunitas kecil.

Mirip dengan subtitle, dimana dengan transkrip video anda dapat dipahami oleh tunarungu atau yang mengalami gangguam pendengaran seperti kegiatan belajar mengajar melalui online.

5. Rekaman

Kenapa memilih zoom? Salah satu alasannya karena dapat menyimpan history rekeman hingga bertahun-tahun. Kapan dokumen rapat atau pelajaran bisa diakses kembali disuatu saat.

Terutam di organisasi pemerintahan yang tidak lepas dari dokumentasi (arsip). Bisa dijadikan surat pertanggung jawaban dan jika ada masalah lebih mudah di audit.

Tentu dengan mengunakan layanan Zoom akan memberikan banyak manfaat untuk perkembangan dan jalannya perusahaan dan orgnisasi.

6. Fitur penjadwalan

Karyawan berjauhan dan padat waktu? Itu tidak masalah karena fitur zoom juga memiliki fitur penjadwalan kapan rapat atau sekolah online agan dimulai.

Dengan ada fitur ini pengguna zoom sebelumnya harus menginformasikan terkait jadwal pelaksanan meeting online, agar karyawan tidak ketinggalan, terlebih rapat khusus yang harus diikuti oleh anggota tertentu.

7. Obrolan tim

Obrolan tim murapakan fitur paling sering digunakan, termasuk presiden Jokowi bersama kabinetnya saat melakukan rapot online.

Obrolan tim sendiri masuk dalam konsep ruang komunikask yang mana diisi oleh berbagai macam pengguna zoom yang saling berinteraksi satu sama lain.

Fitur ini sangat tidak cocok antara dosen, guru dan mahasiswa dan siswa. Karena jika mereka diizinkan khawatir ada yang berlaku tidak sopan.

Tapi bisa tetap dilaksanakan dengan catatan ada aturan dan sanksi berat bagi yang tidak serius atau mengganggu proses belajar mengajar secara online.

Apa itu meeting online


Meeting online adalah pertemuan minimal dua oranh secara virtual (Komunikasi online) untuk membahas topik tertentu. Meeting ini juga dapat dijadikan media antara pimpinan dan staffnya.

Meeting online menjadi solusi karena adanya halangan dan seperti sekarang adanya pandemi covid-19. Dengan bantuan beberapa aplikasi conference, rapat dapat digantikan menjadi meeting online.

Pertemuan virtual ini secara tujuan dan sasaran tidak ada bedanya dengan rapat di kantor dimana tujuannya untuk menyatukan pemikiran tentang perencanaan, pengambilan keputusan, penetapan kebijakan, dan pemberian motivasi di lingkungan pemerintah atau swasta.

Cara menggunakan zoom untuk meeting online


Bagi Anda yang hanya ingin menyimak dan menonton tidak perlu mengunduhnya. Cukup minta undangan (invite) dari atasan atau orang yang melakukan konferensi.

Berbeda jika posisi anda adalah orang yang akan memberikan materi atau semacam siaran langsung, maka perlu mengunduh aplikasi zoom di PC atau di Android.

Melaui Laptop


  1. Pastikan jaringan internet tersambung
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Edge, Safari, Opera, dan lainnya)
  3. Masuk ke situs resmi Zoom
  4. Masuk ke halaman "Download Center" dan klik tombol "Download"
  5. Disaat tampil menu pop-up Download, klik tombol "Save File" untuk melanjutkan unduhan
  6. Tunggu beberapa menit saja karena proses pengunduhan sedang berjalan
  7. Pilih file Zoom untuk memulai instal di laptop Anda
  8. Selesai.

Melalui Android


  1. Masuk ke play store
  2. Ketik di kolom pencarian dengan kata kunci "Zoom"
  3. Instal sekarang untuk memasang aplikasi di HP anda
  4. Klik Daftar untuk membuat akun
  5. Isi data yang diperlukan
  6. Login untuk membuat tayangan
  7. Klik menu “New Meeting” Dan pilih “Participants”.
  8. Undang kolega untuk melakukan meeting online dengan klik Invite
  9. Selamat! Rapat sudah siap dimulai.

Itulah panduan cara instal dan pakai aplikasi zoom di laptop dan HP untuk rapat online. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog kami sederhana ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara instal dan menggunakan aplikasi zoom di laptop dan HP untuk meeting online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel